Selasa, 24 Januari 2012

Silabus Pengantar Pendidikan

SILABUS
MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN
(PP) BOBOT : 3 SKS

Akhmad Suyono,Januari, 2012


A. Pengantar
Mata Kuliah Pengantar Pendidikan di FKIP Universitas Islam Riau adalah mata kuliah yang termasuk dalam Mata Wajib Fakultas (MKDK) dengan bobot 3 SKS (Satuan Kredit Semester). Mata kuliah ini diberikan oleh tim MKDK.


B. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pengantar Pendidikan (PP) ini merupakan mata kuliah keahlian yang mesti diikuti oleh setiap mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan harapan dapat membekali mahasiswa, sebagai calon guru yang melaksanakan tugas dengan wawasan ilmu pendidikan yang benar yang sajiannya meliputi komponen pendidikan dan aspek-aspeknya sebagaimana dikembangkan pada bagian “pokok bahasan” silabus ini.


B. Tujuan Instruksional/ Indikator Kompetensi
1. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian pendidikan;
2. Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian Ilmu Pendidikan;
3. Mahasiswa mampu menguraikan teori-teori yang terdapat dalam pendidikan;
4. Mahasiswa mampu menganalisis Ilmu Pendidikan sebagai sebuah Disiplin Ilmu;
5. Mahasiswa mampu menganalisis Ilmu Pendidikan sebagai sebuah sistem;
6. Mahasiswa mampu menguraikan faktor-faktor pendidikan;
7. Mahasiswa mampu menjelaskan komponen-komponen pendidikan;
8. Mahasiswa mampu menganalisis dasar-dasar pelaksanaan pendidikan.


C. Materi



N0
Bahasan
Pokok Bahasan

1
Pengertian Pendidikan dan
Ilmu Pendidikan
1
Pengertian Pendidikan secara Sempit

2
Pengertian pendidikan secara Luas

3
Pengertian Pendidikan secara Alternatif

4
Pengertian Ilmu Pendidikan

N0
Bahasan
Pokok Bahasan






2
Pendidikan sebagai Ilmu
Pengetahuan
1
Syarat-syarat berdirinya Ilmu Pengetahuan

2
Ilmu Pendidikan sebagai Ilmu Normatif, teoritis dan Praktis

3
Cabang-cabang dan Ilmu Bantu pendidikan

3
Pendidikan Sebagai Sebuah
Sistem
1
Pengertian Sistem

2
Teori Sistem (Karakteristik dan Model)

3
Analisis Pendidikan Sebagai Sistem

4
Teori-teori Pendidikan
Pendidikan Klasik
1
Pendidikan dalam Perspektif Empiris

2
Pendidikan dalam Perspektif Nativisme

3
Pendidikan dalam Perspektif Konvergensi

5
Faktor-faktor Pendidikan
1
Pengertian Faktor Pendidikan

2
Macam-macam Faktor Pendidikan
• Peserta Didik
• Tujuan
• Materi
• Alat

3
Hubungan Timbal Balik antar faktor Pendidikan

6
Peserta Didik sebagai
Faktor Pendidikan
1
Pengertian Peserta Didik

2
Karakter Manusia sebagai Peserta Didik

3
Batas Awal dan Akhir Pendidikan

7
Tujuan sebagai Faktor
Pendidikan
1
Pengertian Tujuan

2
Fungsi Tujuan

3
Sumber dan Dasar Perumusan Tujuan pendidikan

4
Jenis dan Hirarki Tujuan Pendidikan

8
Materi sebagai Faktor
Pendidikan
1
Pengertian Materi Pendidikan

2
Cakupan Materi Pendidikan

3
Pembidangan Pendidikan berdasarkan Materi Pendidikan






N0
Bahasan
Pokok Bahasan

9
Alat-alat Pendidikan
1
Pengertian Alat Pendidikan

2
Macam-macam Alat Pendidikan

3
Kriteria Pemilihan Alat Pendidikan

10
Komponen Pendidikan
1
Pengertian Komponen Pendidikan

2
Macam-macam Komponen Pendidikan (a) Raw Input, (b) Instrumental Input, (c) Environmental Input


3
Hubungan Timbal Balik antar Komponen Pendidikan

11
Lingkungan dan Lembaga
Pendidikan
1
Pengertian Lingkungan dan Lembaga Pendidikan

2
Bentuk-bentuk Lingkungan Pendidikan

3
Bentuk-bentuk Lembaga Pendidikan

12
Peranan Keluarga, Pemerintah dan Masyarakat dalam Pendidikan
1
Tanggung Jawab Pendidikan oleh Orang Tua

2
Tanggung Jawab Pendidikan oleh Pemeruntah

3
Tanggung Jawab Pendidikan oleh Masyarakat

13
Hubungan Timbal Balik antara Lingkungan Pendidikan
1
Pengaruh Keluarga terhadap Sekolah dan Masyarakat

2
Pengaruh Sekolah terhadap Keluarga dan Masyarakat

3
Pengaruh Masyarakat terhadap Keluarga dan Sekolah

14
Dasar-dasar Pelaksanaan
Pendidikan
1
Aspek Biologis

2
Aspek Psikologis

3
Aspek Sosiologis

4
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional





D. Strategi Perkuliahan

Perkuliahan ini diberikan 16 kali pertemua, setiap pertemuan 150 menit Pendekatan yang digunakan dalam perkuliahan ini menggunakan pendekatan active learning. Metode perkuliahan meliputi ceramah, tanya jawab, tugas, diskusi dan studi kasus.



E. Tugas-tugas
Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan mahasiswa diberikan tugas sebagai berikut : Ringkasan buku
F. Evaluasi

1. Tugas Individu : 10 %
2. Tugas Kelompok : 20 %
3. UTS : 30 %
4. UAS : 40 %
__________
Jumlah :100%

G. Daftar Rujukan

Ahmadi, Abu. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Engkoswara. (1987). Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Depdikbud. (1983). Dasar Ilmu Pendidikan.Buku II A, Akta Mengajar V. Jakarta: Dirjen Dikti

Depdikbud. Reading F. Hung. (1986). Kamus Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rajawali.

Rifai, Mohd. (1982). Administrasi dan Supervisi Pendidikan.

Bandung: Jemmars. Soegarda, Porwakawatja. (1976).

Enseklopedi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Saifullah, Ali. (1982). Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan. Suarabaya: Usaha Nasional.

Tilaar. (2002). Membedah Pendidikan Nasional. Jakarta: Renika Cipta Usman, Uzer. (1990).

Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rasda Karya. Undang-Undang RI Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional http://www.silabus+pengantar+pendidikan+Tanenji